Labels

Honda Vario 160, Berikut Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru!

Honda Vario 160 merupakan Motor Matic parikan Honda yang beberapa waktu lalu baru saja terjun kepasaran Indonesia. Berbeda dengan generasi sebelumnya

Honda Vario 160, Berikut Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru!
Sumber: astra-honda.com
Honda Vario 160 merupakan Motor Matic pabrikan Honda yang beberapa waktu lalu baru saja terjun kepasaran Indonesia. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Vario 160 lebih mengedepankan jiwa Eleganitas yang kental akan nuansa Sporty. 

Astra Honda Motor mengklaim bahwa Honda Vario 160 benar-benar mengalami perubahan yang menyeluruh mulai dari tampilan, rangka, mesin, dan juga fitur yang tersemat. Walaupun demikian, soal kenyamanan tak pernah hengkang darinya bahkan sejak generasi terdahulu.

Tak dipungkiri jikalau peminat dari Honda Vario 160 selalu meningkat kian tahun, terbukti pada ajang IIMS Hybrid 2022 berhasil menjadi Motor yang paling banyak dibeli oleh para pengunjung dan berhasil menjadi kendaraan roda dua paling favorit di indonesia. 

Untuk pembahasan lebih lanjut soal Spesifikasi, Harga, dan Varian dari Honda Vario 160 Simak ulasan berikut ini.

  • Varian Honda Vario 160

Honda merilis Vario 160 dengan opsi 2 varian, yaitu CBS dan ABS. Dari keduanya tidak begitu menonjol perbedaannya, akan tetapi soal keunggulan tentu masing-masing memiliki perbedaan.

Varian dan Harga Honda Vario 160

Vario 160 CBSRp 25.800.000
Vario 160 ABSRp 28.500.000

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

Untuk varian Vario 160 CBS tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu Active Black, Grande Matte Red, dan Grande Matte Black. Sedangkan untuk Vario 160 ABS menawarkan beberapa warna yang berbeda, yaitu Active Black, Grande White, dan Grande Matte Black. 

  • Spesifikasi Honda Vario 160

Honda Vario 160 kini dibekali dengan Fitur yang lebih canggih dan juga cocok digunakan untuk perjalanan dekat maupun jauh. Siap menemani hari-hari anda dalam berkendara. Berikut Rincian Spesifikasi Mekanik Honda Vario 160:

Dimensi Honda Vario 160

Kapasitas Tempat2
Berat115 Kg
Lebar679 mm
Tinggi1088 mm
Panjang1929 mm
Tinggi Jok778 mm
Ground Clearance140 mm

Spesifikasi Mesin Honda Vario 160

Jenis MesinSingle Cylinder
Jumlah Silinder1
Jumlah Katup Persilinder4
Jumlah Percepatan4 Stroke
Tipe InjeksiFuel Injection
Kapasitas Tangki5.5 L
Tenaga Maksimal15.4 Ps / 8500 rpm
Torsi Maksimal13.8 Nm / 7000 rpm
Jenis TransmisiCVT Automatic
Jenis BahanBensin

Ban dan Velg Honda Vario 160

Jenis BanTubeless
Ukuran Velg14 inch
Ukuran Ban Depan100/80 R14
Ukuran Ban Belakang120/70 R14

Fitur Honda Vario 160

1Headlight Adjustable LED
2Digital Odometer
3Fuel Injection
4ABS/ CBS
5Double Pocket
6Charger Box

  • Ulasan Honda Vario 160

Honda Vario 160 hadir sebagai scooter matic di indonesia bukan baru-baru ini saja, melainkan sudah sejak beberapa tahun yang lalu. Beberapa generasi sudah dikeluarkan demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus bertambah.

Memang secara spesifikasi dan keseluruhan Honda Vario sangat nyaman digunakan, dari segi hargapun dapat dikatakan cukup terjangkau. Tak heran jika kendaraan matic pabrikan Honda satu ini menjadi primadona masyarakat indonesia.

Tampilan dan Kelengkapan Fitur Honda Vario 160

Tampilan memang bukan yang utama tetapi menjadi yang paling utama jika dilihat secara mata bebas. Tentu bentuk body yang menjadi ciri khas Honda Vario tetap dipertahankan hingga ke generasi mesin 160 cc tahun ini.

Bentukannya kali ini dapat dikatakan lebih sporty dan elegan, tentunya hal ini sebagai bentuk keikut sertaan dalam kemajuan globalisasi yang semakin pesat. Konsumen yang mengidamkan tentu akan semakin tinggi setelah melihat bentukan dari Honda Vario 160.

Dari depan terlihat body yang dibuat semakin lancip dengan sudut-sudut yang tersusun rapih, menandakan kendaraan ini siap digunakan untuk berakselerasi dengan baik. Garis –garis tegas yang mewarnainya tak lupa memberikan kesan maskulin dari aspek tampang.

Teknologi lelampuan disematkan dengan jenis terbaik yang mampu memancarkan cahaya paling terang dan jernih, tentunya dengan LED Lighting System. Sudah semua titik pencahayaan pada Vario160 termasuk Lampu Sein dan Lampu Belakang menggunakan bohlam serupa dengan Headlight.

Tak hanya teknologi dari lelampuan saja yang sudah canggih, Speedo Meter yang digunakan juga sudah Full Digital. Tampilannya sangat canggih dengan informasi yang semakin lengkap, seperti Informasi Kapasitas Bahan Bakar, Jam Digital, Spedo Meter, Trip Meter, Pergantian Oli, Smart Key, Indikator Baterai, dan Sistem ABS. 

Hampir mirip dengan generasi persis dibawahnya, yang mana Honda Vario sudah menggunakan Smart Key seperti pada kendaraan masa kini lainnya. Sebagai pelengkap tak lupa produsen menyematkan alarm anti maling dan juga Answer Back System untuk memudahkan mencari kendaraan saat sedang parkir.

Ekstra bagasi tentunya sudah wajib dimiliki kendaraan matic. Dual Pocket sudah tersedia didepan dengan salah satunya sudah dilengkapi dengan USB Charger Console Box, ini lah yang menjadi keunggulan kendaraan-kendaraan model baru-baru ini, sudah bisa ngecas Hp sambil berkendara.

Untuk bagasi utama sebenarnya sudah cukup luas, tanpa tambahan ekstra pun saya jamin sudah sangat cukup untuk hanya sekedar menaruh barang bawaan. Bagasi Honda Vario 160 memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter, dengan volume yang cukup besar bisa dimasukan satu unit helm dan sedikit barang-barang ringan.

Soal akselerasi berkendara, Honda Vario selalu dihati sejak awal muncul. Kendaraan ini memang dinilai sangat nyaman dalam hal akselerasi berkendara, kali ini tentunya sebagai bentuk upgrade akan semakin nyaman lagi dengan model Ban yang lebih besar dan desain baru.

Khusus Tipe ABS, soal pengereman sudah tidak usah dikhawatirkan. Dengan teknologi pengereman yang canggih ini benar-benar mampu menghentikan motor secara halus dan dapat mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak pada kecepatan tinggi. 

Mesin Hadir Dengan Kapasitas yang Lebih Besar dan Bertenaga

Dari nama dan betuknya sudah tertera bahwa Honda Vario kali ini hadir dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Mesin dengan kapasitas 156.9 cc siap dijajal baik perjalanan dekat maupun perjalanan jauh. Cocok nih digunakan untuk kendaraan mudik lebaran. 

Dengan kapasitas mesin yang besar, sudah jelas Power yang dihasilkan dan Daya Ledak yang mampu dikeluarkan ikut meningkat. Output Power Maksimal yang mampu dikeluarkan Honda Vario 160 mencapai  11.3 kw pada putaran 8.500 rpm dan untuk Torsi Maksimal sebesar 1.4 kgf.m pada putaran 7000 rpm. Luar biasa!

Soal keborosan BBM tentunya sudah mampu ditanggulangi dengan hadirnya Fuel Injection yang mampu menghemat distribusi bensin secara maksimal. Anda hanya perlu mengisi Full Tangki dengan kapasitas 5.5 liter, lalu tinggal tancap gas deh.

Soal transmisi sudah jelas menggunakan CVT Variable speed, sudah menjadi hal yang umum untuk para pengguna scooter matic di indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan untuk menomor satukan kenyamanan saat berkendara, karena dengan menggunakan jenis transmisi ini anda sudah tidak perlu lagi memegang kendali penuh akan pemindahan kecepatan.

Secara keseluruhan belum terlihat kekurangan yang dimiliki motor ini. Mungkin akan kita temukan pada artikel selanjutnya, sabar menunggu yaa.

Untuk itu ini sekaligus menjadi akhir dari bagian pada pembahasan kita kali ini mengenai
Spesifikasi dan Harga Honda Vario 160 Scooter Matic. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian.

Honda Vario 160, Berikut Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru!
Table of Contents

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Komentar dinonaktifkan