Berikut 4 Fakta Tentang Toyota Celica Generasi ke 2 (A40/50) yang Perlu Kalian Ketahui!

 

toyota celica generasi ke 2

Toyota Celica Generasi ke 2? Asingkah kalian dengan nama tersebut? Mobil sport pabrikan Toyota ini biasa dikenal dengan platform A40/50, mungkin sedikit mengembalikan ingatan kelian tentang mobil Coupe ini. Tak heran jika kalian tidak mengingat mobil ini, karena memang mobil ini sudah diproduksi sejak tahun 1977, bahkan mobil ini bisa dikatakan mobil klasik.

Baca Juga: Mengulas Legenda Mobil Sport, Berikut 4 Fakta Toyota Celica Generasi Ke 7 (T 230). Spesifikasi dan Harganya!


Pada pembahasan kali ini, kita akan terjun mengulas legenda mobil sport pabrikan toyota yaitu Celica Generasi ke 2 (A40/50) ini.

Berikut Beberapa Fakta Tentang Toyota Celica Generasi ke 2 (A40/50)

1. Di Desain Oleh Calty Design Research

Calty Design Research yang merupakan studio desain milik Toyota sendiri yang terletak di california, amerika serikat. Rupanya berhasil membuat desain yang mampu mengikat para konsumen pabriknya. Dengan tampilan yang sangat menarik ala-ala mobil klasik sport, dengan bentuk Coupe dan Liftback yang cukup elegan. Terlihat dari lekukanya yang lancip, bumper depan yang sedikit menonjol, lampu kotak, velg kaleng, list pada sisi, dan masih banyak lainya. 

Baca Juga: 6 Fakta Toyota Celica Generasi ke 6 T 200, Harga Segitu Sudah Dapat Mobil Sport!


Dari beberapa deskripsi diatas sudah dapat dibayangkan bahwa mobil ini rupanya mobil sport yang hadir pada era dulu. Dengan bentuknya yang klasik, tidak mengurangi eksistensi klasik dari legenda mobil sport ini.


2. Mesin yang Digunakan Benar-Benar Kencang

Pada A40/50 dibekali dengan mesin yang sangat luar biasa ganasnya pada jaman itu. Beberapa type mesin digunakan, yaitu pada kelas terendah dengan kapasitas mesin 1600cc, lalu berkembang menjadi 1600cc Twincam, disusul oleh mesin 1800cc, dan 1800cc EFI, lalu muncul lagi 2000cc, dan 2000cc Twincam (untuk jenis mesin yang digunakan pada mobil produk jepang). 


Lalu terdapat beberapa varian juga, seperti ET, lalu ada lagi LT, berkembang pula menjadi ST yang berjodoh dengan mesin 20R berkapasitas 2200cc, ditambah lagi dengan XT dan SE. Terakhir, pada varian GT dipasangkan dengan kapasitas 1600cc twincam dan 2000cc, lalu ada model GTV atau perkembangan dari GT dan setalah itu barulah muncul varian baru, yaitu GTA sebagai bentuk simbolis perayaan 10 tahun celica, yang dipasarkan di Amerika. 

Baca Juga: Mengapa Toyota Supra MK4 Banyak Diburu? Berikut Penjelasanya!

Pada dasarnya Celica merupakan mobil biasa dengan kemampuan mesin standar dengan model Coupe dan harganya relatif murah. Tetapi untuk mesin seperti itu tidak bisa dibandingkan dengan mesin era sekarang yang jelas sudah mengalami kemajuan yang lebih, mesin seperti itu sudah sangat cocok untuk kendaraan kencang pada era tersebut.

3. Memeliki Beberapa Variasi Transmisi

Rupanya mobil ini memiliki berapa macam transmisi, berbeda pada generasi setelahnya yang hanya memiliki 2-3 transmisi pada tiap generasi dari celica. Untuk generasi ke 2 ini memiliki beberapa transmisi, yaitu 3 speed automatic, 4-speed automatic, 4 speed manual, 5 speed manual. 


Baca Juga: 4 Fakta Toyota Supra Celica MA61 yang Harus Kalian Ketahui! MK2 Bermesin 6 Silinder!


Itu merupakan type transmisi yang paling banyak pada generasi celica. Jika ditinjau ulang pada celica generasi ke 3 hanya memiliki 2 transmisi, lalu generasi selanjutnya juga hampir sama.

4. Merupakan Basic Dari Celica XX

Rupanya celica generasi ke 2 ini merupakan basic dari Celica XX yang sekarang sudah menjadi mobil sport dengan kemampuan tinggi yaitu Toyota Supra. Memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada jarak sumbu roda yang lebih panjang pada Celica Supra, sehingga mampu membawa mesin yang lebih besar seperti mesin 6 silinder yang digunakan pada Celica supra.


Baca Juga: Toyota Supra GR Harga Terbaru Lebih Dari Rp 2 Milyar, Hadir Dengan Tampilan Lebih Sporty


Ternyata beberapa fakta menarik tentang toyota celica generasi ke 2 membuat kita semua mengerti bahwa mobil ini rupanya menyimpan rahasia besar. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang dunia perotomotifan di Indonesia, bersama-sama kita berusaha mengembangkan dunia otomotif Indonesia demi masa depan bangsa kita.


Posting Komentar