Labels

Perbedaan Oli MPX dan SPX, Fungsi & Jenisnya

Berikut penjelasan lengkap Perbedaan Oli MPX dan SPX Mulai dari Fungsi, Harga dan Jenis-jenisnya. Perbedaan Antara Oli MPX dan SPX.

Perbedaan Oli MPX dan SPX
Perbedaan Oli MPX dan SPX

Oli sangat penting untuk menjadi pelumas pada mesin. Sebab dengan adanya oli dapat mencegah terjadinya gesekan pada setiap kompenen mesin. Seperti mencegah terjadinya gesekan antara piston dengan dinding silinder. Dengan pentingnya oli, tahukah kamu apa perbedaan oli Mpx dan Spx yang biasa direkomendasikan pada motor Honda?

Melakukan ganti oli secara berkala merupakan salah satu cara untuk merawat kendaraan khususnya motor agar tetap sehat atau memiliki kondisi yang prima. Sehingga motor bisa digunakan tanpa mengalami masalah apapun

Baca Juga : Terlengkap! Daftar Langkah Stroke Semua Motor Segala Merk

Biasanya pergantian oli atau minyak pelumas dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari pabrik kendaraan. Adapun fungsi dari oli atau minyak pelumas adalah sebagai berikut.

Fungsi Oli atau Minyak Pelumas

Oli merupakan cairan minyak pelumas yang sangat membantu kendaraan untuk bekerja secara optimal. Adapun komponen dari oli atau minyak peumas adalah beberapa kandungan aditif.

Menjadi Pelumas

Fungsi utama oli adalah menjadi pelumas untuk mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang pada mesin.

1. Mencegah Kebocoran Pada Ruang Bakar

Saat kendaraan bekerja otomatis mesin akan memiliki suhu yang panas. Dengan adanya oli, duhu pada mesin akan tetap stabil karena oli berfungsi sebagai pendingin.

2. Pengendali Kontaminan

Meski fungsi atau tugas utama oli adalah sebagai pelumas atau pencegah terjadinya gesekan. Gesekan antar suku cadang tetap sulit dihindari. Sehingga oli juga berfungsi sebagai pengendali kontaminan.

3. Mencegah Terjadinya Karat

Dengan memerhatikan kualitas dan volume oli pada mesin, maka mesin – mesin akan terhindar dari karat. Asalkan oli yang kamu pilih memiliki kualitas yang bagus.

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari oli, sekarang kamu mengertikan mengapa oli harus diganti secara berkala?

Selanjutnya untuk motor Honda yang kamu miliki tentu selalu dianjurkan untuk menggunakan oli jenis Mpx dan Spx. Lalu sebenarnya apa perbedaan keduanya dan seperti apa kelebihannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Oli Mpx dan Spx Segala Jenis Lengkap

Membedakan oli Mpx dan Spx adalah dengan memerhatikan kode yang ada pada bagian belakang tipe oli, berikut penjelasannya.

1. Mpx ( Maximum Protection Expert )

Perbedaan Oli MPX dan SPX
Perbedaan Oli MPX dan SPX

Oli Mpx menggunakan bahan dasar mineral, oli jenis ini juga terbagi menjadi 2 variasi berdasarkan jenis motornya.

- Oli Mpx 1

Oli Mpx 1 merupakan jenis oli yang telah diciptakan khusus untuk motor Honda jenis presisi yang berperforma tinggi seperti motor bebek, bebek matic, dan sport

- Oli Mpx 2

Oli ini diformuasikan dengan lubrikasi yang sangat baik, sehingga motor akan lebih irit bahan bakar namun tetap memiliki performa yang baik. Oli ini khusus digunakan untuk jenis motor matic.

2. Spx ( Superior Protection Expert )

Perbedaan Oli MPX dan SPX
Perbedaan Oli MPX dan SPX

Jika oli Mpx berbahan dasar atau base oil nya adalah mineral, maka oli Spx memiliki komponen dasar yang sudah full sintetik. Sama seperti oli Mpx, oli Spx juga terbagi menjadi 2 variasi.

- Spx 1

Oli Spx variasi ini berfungsi untuk menjaga kondisi mesin ketika diperlukan untuk melakukan performa lebih tinggi ataupun motor yang biasa digunakan untuk kecepatan tinggi.

- Spx 2

Sementara itu oli Spx 2 berfungsi sebagai ini penjaga kebersihan mesin dan menstabilkan suhu mesin saat sedang digunakan.

Selain perbedaan di atas, kamu juga bisa membedakan oli Mpx dan Spx dari kemasannya, lho. Dimana oli Mpx memiliki kemasan dengan warna putih, sementara oli Spx dengan kemasan berwarna orange.

Baca Juga : Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap Semua Merk

Itulah perbedaan oli Mpx dan Spx yang perlu kamu ketahui agara tidak salah pilih memilih jenis oli yang sesuai dengan kendaraanmu.

Perbedaan Oli MPX dan SPX, Fungsi & Jenisnya
Table of Contents

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu