Labels

Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap Semua Merk

Berikut daftar ukuran ban mobil terlengkap untuk semua merk. Ukuran Ban Merk Honda, suzuki, toyota, mitsubishi Ring 14,15,16,17,18.

Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap
Saat ingin mengganti ban mobil kamu sering bingung dengan ukurannya, bukan? Jika tidak paham, salah – salah kamu bisa mengganti ban tidak sesuai ukuran. Untuk membantumu memahami ukuran ban mobil, berikut ini adalah artikel daftar ukuran ban mobil serta penjelasannya untuk menambah informasimu.

Ban mobil adalah salah satu komponen penting agar bisa menjalankan si roda empat. Jika tidak ada ban, tentu mobil tidak bisa berjalan. Selain itu untuk menggunakan mobil dengan aman, ban mobil harus diganti secara berkala. Nah, saat ingin mengganti ban mobil ini lah kamu sering dibingungkan dengan ukuran ban mobil yang kamu miliki, bukan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Rekomendasi Model Garasi Mobil Tertutup Kekinian

Daftar Ukuran Ban Mobil dan Penjelasannya


Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap

Ukuran ban mobil yang kamu miliki haruslah diketahui, hal ini agar memudahkanmu saat akan menggantinya. Namun lebih penting dari itu, ukuran ban mobil sangat berpengaruh pada kestabilan stir. Hal ini tentunya akan berpengaruh untuk keselamatanmu.

Sebenarnya ukuran ban mobil bisa kamu ketahui di ban mobil kamu, lho. Sebab ukuran ban mobil tertera di permukaan ban. Selain itu biasanya ukuran ban mobil berupa gabungan antara angka dan huruf. Ukuran ban juga tergantung dengan jenis atau EOM mobil tersebut. Berikut ini daftar ukuran ban mobil sesuai EOM.

1. Honda

Brio :175/65 R14

CRV All New : 235/60 R18

City Z : 175/65 R14

Civic Turbo : 215/50 R17

Mobilio : 185/65 R15

Jazz New CVT : 175/65 R16

2. Mitsubishi

Xpander Sport : 205/55 R16

Pajero Sport New : 265/60 R18

Triton: 265/70 R16

Strada : 265/75 R16

3. Suzuki

Carry : 175/70 R13

Ertiga : 185/65 R15

Grand Vitara All New : 235/60 R18

Karimun : 165/65 R13

4. Toyota

Agya E : 155/80 R13

Alphard X : 205/65 R16

Calya: 175/65 R14

Avanza G : 185/70 R14

Fortuner VRZ : 265/60 R18

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap
Daftar Ukuran Ban Mobil
Sementara itu daftar di atas adalah ukuran umum dari jenis dan ring ban mobil yang mungkin saja kamu miliki. Adapun cara baca dari ukuran ban adalah sebagai berikut.

1. Tipe Ban

Pada umumnya ukuran pada ban mobil diawali dengan huruf P atau P-Metric yang menunjukan tipe ban mobil tersebut. Biasanya juga ban mobil dengan berawalan huruf P adalah jenis mobil penumpang. Namun jika ban mobil kamu tidak diawali dengan huruf apapun, jangan khawatir. Biasanya tipe ban tersebut adalah Euro-Metric yang kapasitasnya tentu berbeda dengan tipe ban P-Metric.

2. Lebar Ban

Setelah huruf P biasanya dilanjutkan dengan 3 angka misal P185/70 R14. Nah, 185 adalah ukuran lebar ban yang satuannya berupa milimeter. Dimana lebar ban ini diukur dari dinding samping ke dinding samping ban.

3. Aspek Rasio

Aspek rasio adalah dua angka setelah garis miring pada ukuran ban. Aspek rasio menunjukan tinggi penampang pada ban dengan lebarnya.

4. Konstruksi

Huruf R setelah aspek rasio adalah kode konstruksi yang dimaksudkan untuk radial.

5. Diameter Roda

Dua angka setelah kode konstruksi adalah ukuran diameter roda.

6. Indeks Beban

Dua angka setelah ukuran diameter roda adalah indeks beban yang menunjukkan berapa beban maksimum yang bisa ditahan atau ditopang oleh ban.

7. Tingkat Kecepatan

Ukuran ban mobil biasanya biasanya diakhiri dengan huruf S atau H. Dimana kode huruf ini menunjukkan tingkat kecepatan yang bisa dilalui oleh ban.

8. Simbol DOT

Jika kode ukuran ban mobilmu disertai dengan simbol huruf DOT, maka ban mobil yang kamu miliki sudah terjamin sesuai standar keselamatan.

9. Nomor Identifikasi Ban

12 angka dan huruf yang mengikuti kode DOT adalah nomor identifikasi ban  yang menunjukkan lokasi pabrik pembuatan ban dan kapan ban tersebut dibuat.

Baca Juga : Kumpulan Modifikasi Truk Canter Jawa Interior & Eksterior

Sekian mengenai artikel daftar ukuran ban mobil yang bisa membantumu mengetahui berapa dan bagaimana cara membaca ukuran. Semoga bermanfaat.


Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap Semua Merk
Table of Contents

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu