5 Fakta Menarik Toyota Celica Generasi ke 4 (T160), Legenda Mobil Sport!

 

Toyota celica generasi ke 4 atau biasa kita kenal dengan sebutan T 160 yang menjadi platform mobil ini. Merupakan mobil sport dua pintu pabrikan Toyota yang menjadi bagian dari Celica. Akan tetapi, sangat disayangkan pabrik tersebut menghentikan laju produksinya pada tahun 2006, setelah berhasil mengeluarkan sebanyak 4,1 juta unit dalam bentuk 7 generasi.

Baca Juga: Mengulas Legenda Mobil Sport, Berikut 4 Fakta Toyota Celica Generasi Ke 7 (T 230). Spesifikasi dan Harganya!

Celica pada saat itu sering digunakan oleh produsen sebagai mobil kejuaraan resmi pada ajang balap Rally dunia. Mengalami sukses besar pada produk generasi kelimanya, hingga menjadikan Toyota pabrikan mobil jepang pertama yang menjadi juara pada ajang tersebut.

Baca Juga: 4 Fakta Mengenai Toyota Celica Generasi Kelima Yang Perlu Kalian Ketahui!. Mobil Sport Toyota Dengan Harga Terjangkau, Segini Harganya!


Sedikit out of topic diatas, pada dasarnya kali ini kita akan membahas Toyota Celica generasi ke 4 (T 160) yang menjadi topik utama saat ini.

5 Fakta Menarik Tentang Celica Generasi ke 4 (T160)!

1. Tampilan yang terlihat klasik

Meski merupakan mobil sport, tetapi pada celica generasi ke 4 ini betuknya terlihat sangat amat klasik. Seperti mobil pada umumnya yang lahir pada tahun 1985, akan tetapi hampir tidak terlihat nuansa sport nya, mungkin memang pada jaman itu mobil sport didesain dengan bentuk seperti itu. 

Baca Juga: Ini Dia Harga Fiat 500.. Cukup Fantastis? | REVIEW FIAT 500 KLASIK | Mobil Klasik Incaran Para Kolektor


Pada generasi ini terbentuk 3 model, yaitu 3-door liftback yang merupakan bentuk pertama mobil ini. Pada produk pertamanya, Jepang menerapkan bentuk bodi seperti ini, lalu pabrikan Australia meluncurkan bentuk 2-door coupe, dan jepang melakukan pengembangan pada bentuk awal, sehingga terciptalah 2-door convertible.


Jika dilihat secara seksama, lekukan pada tiap sisinya tidak terlalu tajam dan terdapat beberapa list pada bagian kanan dan kiri mobil. Lalu ditemukan juga tambahan lampu sein pada pinggir mobil, terletak pada sisi depan hampir dekat dengan roda depan. Velg yang digunakan juga terlihat klasik dengan terdapat banyak palang kecil yang saling melintang. 


Dari beberapa uraian diatas, sangat terlihat jelas bahwa mobil ini bentuknya memang benar-benar klasik, mungkin keunggulan sportnya terletak pada bagian mesin. Tetapi, tak dipungkiri kalau mobil tersebut memang mobil sport.


2. Memiliki penggerak roda depan

Pada generasi ini, pabrikan melakukan pengubahan secara detail dengan mengganti penggerak roda belakang menjadi penggerak roda depan. 

Baca Juga: 6 Fakta Toyota Celica Generasi ke 6 T 200, Harga Segitu Sudah Dapat Mobil Sport!


Tidak diketahui secara pasti, mengapa melakukan perubahan seperti, atau mungkin memang didesain untuk memenuhi kebutuhan dalam ajang balap Rally. Karena memang tak lama setelah itu, muncul versi 4 WD dalam produk GT Four (T165) yang benar benar diperuntukan untuk ajang balap Rally.


3. Mesin yang digunakan benar benar ganas.

Terdapat beberapa mesin yang diperuntukan untuk menunjang kebutuhan mobil ini, yaitu 1.6 L I4 4A-GE yang menjadi mesin kelas umum pada produknya. muncul lagi mesin 1.8 L I4 1S-iLU & 4S-Fi sebagai bentuk perkembangan dari mesin sebelumnya. Untuk mesin 2.0 L I4 2S-FE diperuntukan pada 2 model yaitu ST dan GT, dari kedua model tersebut menggunakan mesin yang sama, hanya saja untuk model GT memiliki perlengkapan yang lebih banyak. Lalu ada mesin 3S-FE & 3S-GE yang menggantikan mesin sebelumnya, mesin ini berpenggerak roda depan, dengan menjadi mesin yang paling kencang pada type GE. Yang terakhir ada mesin 2.0 L I4 3S-GTE turbo, untuk yang ini diperuntukan pada mobil GT Four sebagai mobil balap Rally.

Baca Juga: Ulas Tuntas Toyota Celica Supra MA47 (MK1), Nenek Moyang Toyota Supra!


Ternyata mesin yang digunakan benar benar gahar, untuk penggerak roda depan pada era saat itu sudah sangat mumpuni sekali untuk melaju dengan kencang.


4. Transmisi yang digunakan hanya 2 model

Pada celica generasi ke 4 ini dibekali 2 model transmisi, yaitu 4 speed automatic dan 5 speed manual. Dengan transmisi tersebut memang sudah menjadi ciri khas mobil type sport jaman dulu. Pada generasi terdahulunya juga hampir sama, sama sama menggunakan transmisi seperti itu, bahkan hampir semua generasi toyota celica dibekali transmisi yang serupa.

5. Harga yang sangat terjangkau

untuk harga dari mobil sport klasik ini tak tentu, berkisar di angka Rp 130-145 jutaan saja. Dengan harga segitu anda sudah dapat meminang salah satu mobil sport pabrikan toyota. 


Baca Juga: 4 Fakta Toyota Supra Celica MA61 yang Harus Kalian Ketahui! MK2 Bermesin 6 Silinder!


Berikut informasi yang bisa showroom otomotif sampaikan, semoga dapat menambah wawasan pembaca tentang dunia perotomotifan ini.


Posting Komentar