Berikut Beberapa Fakta yang Jarang Orang Ketahui Tentang Toyota Celica Generasi ketiga (A60/70), Ternyata Ini Merupakan Mobil Sport!

 

toyota celica generasi ke 3

Toyota Celica generasi ke 3 atau biasa dikenal dengan sebutan A60/70, merupakan salah satu mobil sport dua pintu pabrikan toyota. Perlu kita ketahui bahwasanya A60/70 ini merupakan generasi ke 3 dari 7 generasi yang tercipta. Rupanya A60/70 ini sudah berhenti diproduksi sejak 1985, untuk itu pada perbincangan kali ini kita akan membahas A60/70 dengan beberapa fakta yang ada dibaliknya.

Baca Juga: Mengulas Legenda Mobil Sport, Berikut 4 Fakta Toyota Celica Generasi Ke 7 (T 230). Spesifikasi dan Harganya!


Mobil kelahiran 1981 ini rupanya menyimpan banyak fakta yang menarik untuk kita bahas sekaligus kita review, kita ulas bersama-sama. 


Berikut Fakta Menarik Toyota Celica Generasi ke 3 A60

1. Merupakan Mobil Sport

Banyak orang yang tidak tahu, jikalau A60/70 ini merupakan mobil sport. Memang jika dilihat secara langsung mobil ini benar-benar memiliki desain yang sangat klasik. Faktanya Toyota Celica Generasi ke 3 ini merupakan salah satu sport car pabrikan toyota yang melegenda. Produsenya memang sejak awal sudah mendesain toyota celica menjadi mobil sport, dengan fokus tujuan untuk ajang balap Rally. Produknya yang paling terkenal pada ajang tersebut yaitu Toyota Celica generasi ke 5, yang berhasil menjuarai selama 3 tahun berturut-turut.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Toyota Celica Generasi ke 4 (T160), Legenda Mobil Sport!


Pepatah mengatakan "jangan pernah menilai buku dari covernya", pepatah ini sangat cocok untuk menggambarkan A60, yang terlihat secara klasik dari covernya, tetapi faktanya merupakan mobil sport. Jangan pernah tertipu oleh tampilan ya kawan-kawan! 


2. Memiliki Desain yang Sangat Klasik

Banyak orang awam menyebutnya mobil klasik, memang jika dilihat dari umur ini merupakan mobil klasik berbasic sport. Lekukanya disetiap sisi yang lancip seakan membentuk kotak dengan model facelift yang elegan, lalu 4 buah lampu depan fully retractable dengan pembagian 2 disetiap sisinya (satu sebagai lampu jalan dan satu lagi lampu sein), terdapat list hitam pada bagian sisi, lalu ada lampu belakang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini Dia Harga Fiat 500.. Cukup Fantastis? | REVIEW FIAT 500 KLASIK | Mobil Klasik Incaran Para Kolektor


Pada type tahun 1984 nya terdapat atap yang bisa dibuka. Tersemat pada model convertible nya yang dibuat oleh america.


3. Mesin yang Digunakan Benar-Benar Kencang

Terdapat beberapa versi mesin yang digunakan, yaitu mulai dari yang paling kecil 1600cc. lalu 1800cc yang merupakan mesin keluaran termuda dengan beberapa type, yaitu 1S, 3T, dan 3T-GTEU rupanya untuk mesin ini sudah dilengkapi dengan turbo. Lalu mesin 2000cc untuk pasaran di negara bagian benua Eropa. Untuk versi america yang menggunakan mesin paling besar yaitu 2400cc.  

Baca Juga: 6 Fakta Toyota Celica Generasi ke 6 T 200, Harga Segitu Sudah Dapat Mobil Sport!


untuk transmisi yang digunakan hampir sama dengan celica generasi yang lain, yaitu 4 speed automatic dan 5 speed manual. Tak heran jika mobil ini benar-benar kencang pada jaman itu, karena dibekali dengan mesin yang ganas dan dilengkapi transmisi yang ideal.

4. Harganya Lumayan Merogoh Kocek

untuk generasi ke tiga ini rupanya memiliki harga yang lumayan merogoh kocek, untuk satu unitnya memiliki harga berkisar Rp 200 – 350 jutaan. Untuk model standar rata –rata harganya segitu. Bahkan untuk model GTS rare coupe ada yang mencapai Rp 2 milyar, benar-benar fantastis bukan!


Baca Juga: 4 Fakta Mengenai Toyota Celica Generasi Kelima Yang Perlu Kalian Ketahui!. Mobil Sport Toyota Dengan Harga Terjangkau, Segini Harganya!


Berikut merupakan fakta menarik yang jarang orang ketahui tentang legenda mobil sport Toyota Celica Generasi ke Tiga. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda.


Posting Komentar