Labels

5 Generasi Toyota Supra Dari Masa ke Masa Yang Harus Kalian Ketahui!

Toyota Supra merupakan salah satu model mobil sport dengan kinerja tinggi pabrikan Toyota Motor Corporation, yang berdiri di jepang pada 1978

 


Toyota Supra merupakan salah satu model mobil sport dengan kinerja tinggi pabrikan Toyota Motor Corporation, yang berdiri di jepang pada 1978 hingga tahun 2002. 


Pada awalnya Toyota Supra merupakan kendaraan mewah bermesin 6 silinder dengan debut awal bernama Toyota Celica. Hingga pada akhirnya pada tahun 1986 berubah menjadi kendaraan sport.


Perubahan ini melahirkan produk sport pertama Toyota yaitu Supra MA70, sejak keluarnya produk ini Toyota sudah tidak lagi memakai nama Celica pada produk supra.

Baca Juga: Ternyata Segini Harga Toyota Fortuner Terbaru 2020 OTR - Review Toyota Fortuner Terlengkap


Sejak saat itu, pasaran Supra melebar luas. Banyak orang mencarinya untuk dijadikan kendaraan pribadinya. Berbagai macam industri juga ikut memburu kendaraan Sport tersebut. Namanya kian hari semakin naik. Supra juga tampil dalam beberapa game legend seperti grand turismo dan need for speed. Lalu Supra juga digunakan pada film fast and furious sebagai kendaraan paul walker.


Kemunculannya membawa dampak baik bagi Toyota hingga detik ini. Terhitung sudah 5 generasi penerus yang sudah tercipta sebagai bentuk apresiasi terhadap dampak positif yang ditimbulkan supra, sehingga perusahaan terus memproduksinya hingga saat ini.


Berikut Toyota Supra Dari Generasi ke Generasi.

1. Generasi Pertama MA47

Pada awalnya supra merupakan penerus dari mobil mewah Celica. Dengan bentuk desain awal berbentuk liftback. Generasi pertamanya memiliki kode sasis MA47 dengan nama Celica supra. Didesain dengan bentuk wheelbase panjang layaknya kendaraan cepat, celica generasi pertama ini cocok digunakan untuk  kendaraan kota. Selain itu, beberapa fitur menarik disematkan pada mobil ini.

Baca Juga: Mobil Mr.Bean Diburu Para Kolektor Mobil Antik | REVIEW MINI MORRIS KLASIK


Dari bentuknya sudah terlihat benar-benar klasik dengan 3 pasang lampu depan, dan letak sein di sisi pinggir membuatnya tampil bak legenda. Lekukan halus disetiap sisi serta list tipis pada body mobil menambah daya tarik bagi para penggemar mobil tahun 70an. Dibuat hanya dengan 3 pintu, mobil ini cocok untuk berkendara santai dijalan halus. Space didalamnya juga cukup luas untuk porsi 1 pengemudi dan 1 penumpang.


Sebagai pelengkap, mesin yang digunakan merupakan 6 silinder. Beberapa type memiliki output daya yang berbeda, untuk kelas paling rendah yaitu type M 2000cc, setelah itu 4M dengan 2600 dan kelas tertinggi 5M 2800cc. Untuk mesin yang digunakan sudah sangat mumpuni pada jaman itu jika dibandingkan dengan mobil lain sekelasnya.

2. Generasi Kedua MA61

Tahun 1982 munculah Supra Celica 2800GT MA61. Pada bentuk generasi kedua ini masih mengusung tema yang sama yaitu liftback dengan body panjang, tetapi terlihat lebih ramping dan terdapat lekukan tajam pada tiap sisinya. Secara sekilas memang lebih terlihat sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Baca Juga: Ini Dia Harga Fiat 500.. Cukup Fantastis? | REVIEW FIAT 500 KLASIK | Mobil Klasik Incaran Para Kolektor


Pada bagian depan sudah terlihat jelas terdapat lampu fully retractable yang dapat dioprasikan secara otomatis, 2 pasang lampu berfungsi sebagai lampu jalan dan sein yang diletakan bersebelahan. Selain itu, terdapat list tebal pada bagian sisi mobil yang memberi gambaran bahwa mobil ini cukup gahar. Lanjut kebagian belakang, terdapat ekor pada bagian atas yang terlihat seolah olah memakai topi terbalik. Turun sedikit kebawah terlihat terdapat spoiler yang cukup simpel sehingga menambah kesan bahwa mobil ini diperuntukan untuk jalanan cepat.


Beranjak kedapur pacu. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 6 silinder dengan type berbeda pada tiap kelasnya. Untuk kelas paling bawah menggunakan 1G 2000cc dan kelas tertinggi menggunakan 5M-GE-2800cc. Untuk typenya secara garis besar terdapat 2 type, yaitu type L yang lebih mengarah pada kemewahan dan type S yang tampil lebih sporty. Untuk type S, di amerika lebih dikenal dengan type P, tampilanya sama hanya terdapat perbedaan dalam pengucapan namanya saja. Untuk type tertingginya mobil ini dilengkapi dengan spoiler, over fender yang terletak diatas spatbor, lalu jock bucket yang terlihat lebih elegan, dan velg aloy yang diperuntukan untuk ban yang lebih lebar.

3. Generasi Ketiga MA70

Setelah dua generasi diatas barulah Celica lepas dari Supra sehingga keluarlah produk sport pertamanya yaitu Supra MA70 pada tahun 1986. Tampilanya sudah tidak liftback lagi seperti generasi sebelumnya, untuk mobil ini terlihat lebih mempunyai power yang kuat serta kecepatan yang tinggi. 


Jika dilihat seksama memang jelas terlihat lebih sporty tetapi tidak over sporty. Lekukanya masih terlihat lebih halus jika dibandingan dengan generasi sebelumnya, hanya saja moncongnya terlihat lebih panjang dan terdapat spoiler pada body belakang. Lampu depan terlihat lebih tipis dari yang sebelumnya, sein terletak diatas spatbor seperi pada generasi pertama. Mobil ini hanya memiliki 3 pintu, 2 pintu utama satu pintu kap mesin. Cocok digunakan untuk berkendara dijalan kota yang sepi. 

Baca Juga: Mobil klasik yang masih eksis hingga kini | REVIEW VOLKSWAGEN BEETLE KLASIK ( mobil kodok )


Untuk penggunaan jantung mesin masih sama yaitu 6 silinder, hanya saja terdapat variasi yang lebih menarik serta kecepatan yang semakin meningkat. Untuk kelas paling bawahnya menggunakan mesin 2000cc 1G-GEU dan 1G-GTE turbo, untuk kelas tengah dipasangkan mesin 2500 cc 1JZ-GTE, untuk kelas tertinggi menggunakan 7M-GE naturally aspirated dan 7M-GTE turbo sebesar 3000 cc. Transmisi yang tersedia cukup beragam, mulai dari 5 speed manual hingga 4 speed automatic. 


Berkat kecanggihan yang dimiliki, seperti rem ABS dan pengatur suspensi otomatis (TEMS). Sehingga, mobil ini dijadikan sebagai mobil balap untuk team Toyota Team Europe pada ajang balap kelas dunia RWC.

4. Generasi Keempat JZA80

Untuk selanjutnya lahirlah supra yang paling banyak diburu oleh para kolektor, bahkan hingga kini harganya melambung naik. Dengan kode sasis JZA80 atau biasa disebut MK4 membawa banyak kebanggaan bagi toyota telah memproduksinya. Terbukti pada film fast and furious digunakan sebagai tunggangan lakon dari film tersebut.

Baca Juga: Mobil Langka Koleksi Cristiano Ronaldo: Bugatti Centodieci Review - Spesfikasi dan harga


Memang sudah selayaknya mobil ini menjadi bintang. Terlihat dari bentukya yang manis, dengan lekukan halus tiap sisinya ditambah lagi dengan moncong berbentuk lancip menambah cita rasa mobil balap kelas dunia. Tak kalah keren, fitur targa roof yang bisa dibuka serta spoiler belakang yang cukup tinggi menandakan bahwa mobil ini benar benar kencang.


Untuk mesin yang digunakan lebih lebar dari produk sebelumnya. Menggunakan mesin 2JZ-GE untuk kelas terendahnya dan 2JZ-GTE turbo untuk kelas paling tinggi dengan kapasitas 3000 cc. Dengan tingkat percepatan 6 speed, sehingga mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 270km/jam. Selain itu untuk MK4 tersedia 2 model, yaitu turbo dan non-turbo. 

5. Generasi Kelima GR A90

Pada tahun 2019 Toyota meluncurkan generasi Supra terbarunya, yaitu Toyota Supra GR A90. Pertama kali dipamerkan di acara Nort America International Auto Show sekaligus sebagai launching pertamanya pada tanggal 14 januari 2019.

Baca Juga: Mobil Termahal Di Dunia Rp 265 Milyar: Bugatti La Voiture Noire - Review Terlengkap - Spesifikasi dan Harga


Dari segi tampilanya jelas lebih sporty, dengan body cukup ramping dan bentuknya jelasje sekali mobil sport. Lampu depan terlihat lebih tajam, dengan beberapa fitur canggih lainya. Dibagian belakang terdapat spoiler pendek guna menambah cita rasa sport pada mobil ini. 


Untuk mesin yang digunakan sangat luar biasa, 6 silinder dengan kapasitas 2998cc. Mampu menghasilkan out put daya sebesar 335 hp dan torsi 495 Nm. Serta untuk tingkat percepatan menggunakan 8 speed automatic. 


Dari sekian generasi anda bisa memilih mana yang cocok untuk digunakan sesuai type personal pengendara. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian semua.

5 Generasi Toyota Supra Dari Masa ke Masa Yang Harus Kalian Ketahui!
Table of Contents

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Komentar dinonaktifkan