Labels

Mengenang 7 Generasi Toyota Celica yang Sudah Berhenti Diproduksi, Mungkinkah Diproduksi Kembali?

laju produksi toyota celica dihentikan, lalu kita akan mengenang tentang toyota celica dari generasi kegenerasi.

Mobil sport memang tak habis dimakan waktu, banyak perusahaan terus mengembangkan produk sportnya. Lain hal dengan Toyota, pada tahun 2006 silam, Toyota menghentikan laju produksi toyota celica, yang memiliki andalan sebagai kendaraan sport dua pintu pabrikan toyota. Padahal untuk saat ini kendaraan JDM era 90-an sedang marak-maraknya diburu kolektor mobil sport berbentuk klasik. Seperti halnya Toyota supra MK4 yang harganya naik drastis, bahkan mengalahkan Celica XX yang merupakan nenek moyang Toyota supra.

Baca Juga: 3 Keunggulan Ferrari F60 America yang Wajib Anda Ketahui! Ternyata Segini Harganya!

 Toyota juga secara resmi menjadikan celica sebagai mobil yang turut ambil alih dalam ajang balap rally dunia, hingga beberapa penghargaan diperolehnya. Tidak hanya itu, rupanya Celica juga menjadi mobil pabrikan pertama yang masuk dalam ajang balap rally. Sangat disayangkan, toyota rupanya tidak lagi memproduksi celica, lalu menggantinya dengan Scion tC dan Toyota 86 yang menjadi kendaraan sport pengganti celica.

Baca Juga: 3 Keunggulan Ferrari Pininfarina Sergio Sebagai Super Car Ferrari Paling Mahal, Segini Harganya!

Hingga saat ini masih banyak orang yang memburu JDM 90-an untuk dijadikan koleksi atau bahkan kendaraan pribadi. Bahkan untuk harganya saja terbilang "abu-abu" atau tidak dapat di patok, tergantung bagaimana kondisi mobil. Mobil yang masih sehat dan orisinil dimungkinkan memiliki harga yang lumayan tinggi. Toyota celica yang di bentuk dengan mengutamakan styling dan handling yang optimal, bisa memiliki harga yang lebih mahal lagi.

Untuk kali ini, kita akan mengenang legenda kendaraan sport Toyota Celica yang sudah berhasil membentuk 7 generasi dan berhasil menjual sekitar 4,1 juta unit selama masa produksinya.

Berikut Mengenang 7 Generasi Toyota Celica yang Sudah Berhenti Diproduksi

1. Toyota Celica Generasi Pertama (A20/35) 1970-1977

Celica generasi pertama (20/30) awal mula di luncurkan pada tahun 1970, bertepatan dengan diselenggarakanya Tokyo Moto Show. Sejak saat itu mobil ini mulai dipasarkan di Jepang, Australia, Amerika serikat dan Eropa untuk memenuhi tingginya permintaan akan Celica generasi pertama ini.

Desainya yang menarik, sisi yang tajam dengan dua pintu utama dan satu pintu kap mesin, lalu mocong yang terlihat agak panjang, spion yang terletak didepan, lampu yang terlihat klasik, dan masih banyak fitur lainya. Sporty bertema klasik menambah nilai tersendiri untuk dimiliki.

Baca Juga: Mitsubishi Pajero Sport Dakar Harga dan Spesifikasi Lengkap!

Untuk dapur pacunya dilengkapi dengan jantung mesin beberapa macam, tergantung type mobil itu sendiri. Mulai dari mesin 2T-G yang disematkan pada model 1600 GTV yang menjadi kelas tertinggi pada 1970, hingga 18R-G untuk model 2000 GT yang menjadi model terkencang setelah mengalami perkembangan ditahun 1972.

Untuk harga dari celica generasi pertama ini masih belum jelas. Untuk dapat meminang unit nya merogoh kocek berkisar diharga Rp 350-400 jutaan tergantung kondisi dari mobil itu sendiri. Harga bisa menjadi sangat tinggi apabila part dari mobilnya masih original dan terawat.

2. Toyota Celica Generasi Kedua (A40/50) 1977-1981

Pada tahun 1977 toyota mengeluarkan generasi kedua untuk celica, dengan nama Toyota Celica Generasi Kedua (A40/50). Tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang mengusuk tema sporty dengan tampilan elegan. Hanya saja, terlihat lebih modern dengan sentuhan yang sedikit halus sekaligus menjadi dasar pada Celica XX yang sekarang menjadi Toyota Supra.

Baca Juga: Mobil Langka Koleksi Cristiano Ronaldo: Bugatti Centodieci Review - Spesfikasi dan harga

Sentuhan desain dari calty design research berhasil membuatnya tampil lebih menarik. Dari bentuk sisinya tidak terlalu tajam, bagian-bagiannya terlihat lebih lembut dan minimalis, lampu depan dengan bentuk kotak, bumper depan terlihat lebih panjang, ruang dalam sedikit lebih luas, dan masih banyak lagi. Untuk bentuk tampilan hadir dengan bentuk Coupe dan Liftback, dari kedua bentuk tersebut masih tersimpan nilai sport dan klasik dari generasi kedua ini.

Mesin yang digunakanpun benar-benar gahar dan cukup beragam. Mesin dengan kapasitas mulai dari 1600cc hingga 2200cc disematkan pada mobil ini. Typenya juga sangat beragam, yaitu ada ET, LT, ST, SE, XT, Untuk 2200cc disematkan pada type ST dengan mesin 20R. Lalu type GT dijodohkan dengan 1600cc Twincam dan 2000cc. Masih banyak lagi mesin dan type lainya yang cukup beragam tersemat pada mobil ini.

3. Toyota Celica Generasi Ketiga (A60/70) 1982-1985


Selang beberapa tahun pabrikan melencurkan Toyota Celica Generasi Ketiga pada 1982. Tidak banyak perbedaan dari segi luar maupun dalam, bentuknya masih coupe dan liftback. Hanya saja terlihat lebih tajam dari pada generasi sebelumnya. 

Baca Juga: Mobil Termahal Di Dunia Rp 265 Milyar: Bugatti La Voiture Noire - Review Terlengkap - Spesifikasi dan Harga

Pada generasi ketiga ini, moncong depan terlihat lebih panjang dan lancip. Lalu, lampu unik dengan bentuk seperti mata, pada model tertentu memiliki atap yang bisa dibuka didesain lansung oleh American Sunroof Corporation. Pada sisi mobil ini juga terdapat list hitam, lalu bodynya lebih ramping, jarak sumbu roda lebih panjang, dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainya.

Mesin yang digunakan merupakan mesin mobil yang sangat kencang pada saat itu. Pada dasarnya memang Toyota Celica didesain untuk balap rally sehingga mesin yang digunakanpun harus mumpuni. Terdapat beberapa mesin yang digunakan pada generasi ini, yaitu 1600cc hingga 2400cc. Untuk mesin dengan output daya 2400cc hanya dipoduksi diAmerika Serikat saja. Lalu terdapat mesi 1800cc berjodoh dengan mesin 1S, 3T, dan 3T-GTEU lengkap dengan turbo yang merupakan jenis mesin baru. Lalu masih banyak lagi mesin-mesin lainya.

4. Toyota Celica Generasi Keempat (T160) 1986-1989

Pada Celica Generasi Keempat T160 ini lebih terlihat seperti mobil biasa pada umumnya. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya pada generasi keempat ini memiliki tampilan yang lebih santai. Nuansa sport pada mobil ini hampir tidak terlihat, tetapi tetap masih ada nilai sportnya. 

Mobil yang lahir 1986 ini hadir dengan 3 bentuk, yaitu 3 door liftback, 2 door coupe, dan 2 door convertible. Dari ketiga bentuk tersebut memiliki tampilan yang sangat klasik jika dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru keluaran sekarang. Dari bentuknya saja yang klasik, sudah banyak orang yang ingin meminang celica generasi keempat ini.

Baca Juga: Bugatti Divo: Hadir Dengan Karakter Mencolok Serta Terkesan Sangat Berbeda - Review Terlengkap

Jika dari bentuk terlihat klasik padahal sejatinya merupakan mobil sport, tidak dari mesin yang benar-benar dirancang untuk melaju kencang. Terdapat beberapa mesin yang digunakan pada celica generasi keempat ini, diantaranya 1.6 L I4 4A-GE, lalu ada 1.8 L I4 1S-iLU & 4S-Fi dan masih banyak lagi. Pada produk GT-Four celica generasi keempat yang digunakan pada ajang balap rally menggunakan mesin 2.0 L I4 3S-GTE turbo yang merupakan mesin paling kencang pada masa itu. Pada seri T160 memiliki keunikan pada type tertentu, yaitu menggunakan penggerak roda depan karena memang untuk memudahkan melaju diberbagai medan.

5. Toyota Celica Generasi Kelima (T180) 


Pada generasi kelima ini rupanya memiliki perbedaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dimana pada generasi sebelumnya bentuknya menyesuaikan jaman dengan kental akan nuansa klasik, tetapi tidak untuk Toyota Celica Generasi Kelima (T180) ini yang menjadi bintang dalam ajang balap rally pada produk GT-Fournya dan tampil lebih sporty serta modern. 

Baca Juga: 10 Mobil Keluarga Dengan Harga Terjangkau - Spesifikasi Dan Harga


Terlihat nuansa sporty sangat kental pada T180 ini, menyesuaikan dengan perkembangan globalisasi yang pesat sehingga toyota berupaya menampilkan kendaraan sportnya lebih maju semaksimal mungkin. Terlihat dari lekukan yang lembut dan bentuk yang ramping seakan-akan menggambarkan mobil sport yang gesit, apalagi ketambah spoiler pendek dibelakang yang memberi tanda bahwa mobil ini benar benar cepat. Dan masih ada beberapa fitur lainya yang lebih menarik lagi pastinya.

Sudah jelas dari bentuknya yang sporty pasti mesin yang digunakanpun sangat ganas. Pada generasi kelima memiliki beberapa jenis mesin, diantaranya 1.6 L 4A-FE I4 dengan kapasitas 1600cc, 2.0 L 3S-FE & 3S-GE I4, serta 2.0 L turbo 3S-GTE I4 dan masih ada beberapa mesin lainya. Pada generasi kelima ini, toyota meraih keberuntungan pada ajang balap rally dunia, berkat GT-Four generasi kelima meembuatnya menjadi juara dunia 3 tahun berturut-turut, sehingga menjadikanya GT-Four paling terkenal sepanjang sejarah toyota.

6. Toyota Celica Generasi Keenam (T200)


Pada Celica Generasi Keenam T200 ini tida jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki tampilan lebih sporty dengan body lebih ramping. Pada generasi keenam ini nuansa sportnya lebih terlihat, makna kencang dan lincah benar-benar tercipta pada mobil satu ini. Sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk meminang sport coupe ini. 

Dilihat dari bodynya yang memiliki sumbu roda lebih panjang sehingga berimbas pada bentuk moncong yang juga ikut memanjang, menandakan aerodinamis yang sangat sempurna. Seakan-akan mobil ini dapat mebelah angin dengan kecepatanya. Tampilan yang sudah sangat sporty ini rupanya ketambahan spoiler pada bagian belakang dan terdapat lubang udara kap mesin sehingga memberikan tampak agresif pada celica generasi keenam ini. 

Baca Juga: 5 Jenis Jeep Wrangler Terbaru! - Review Jeep Wrangler Terlengkap - Spesifikasi Dan Harga


Dari mesinya sangat mendukung bentuknya, dengan penggunaan beberapa mesin yang berbeda pada tiap typenya tidak mengurangi kesan sport pada mobil ini. Beberapa mesin yang digunakan, diantaranya 7A-FE 1.8 liter, 3S-FE dan 3S-GE 2.0 liter, 5S-FE 2.2 liter, 3S-GTE 2.0 liter turbo yang menjadi mesin tertinggi pada generasi keenam ini.

7. Toyota Celica Generasi Ketujuh (T230)

Menjadi generasi terakhir dari celica sehingga menjadikanya penutup dari sekian generasi yang ada. Toyota Celica Generasi Ketujuh T230 ini berhenti diproduksi pada tahun 2006, entah apa yang membuat toyota memberhentikan laju produksi dari celica sport ini. Tampilanya yang cakep dengan kesan sportynya yang sangat kental, tidak jauh berbeda dari pada generasi sebelumnya. Kesan agresifnya masih terasa, hanya saja pada generasi ketujuh ini tampak lebih lebar.

Dari tampilanya tampak lebih berotot dengan garis tegas pada bodynya dan juga membuatnya nampak lebih modern. Kesan sportnya juga terasa hampir sama dengan generasi sebelumnya yang sama-sama memiliki spoiler dan lubang seperti hidung pada kap mesin, hanya saja ukuran bodynya lebih lebar. 

Bukan tanpa alasan toyota melebarkan celica generasi ketujuh ini, sudah pasti untuk meletakan mesin yang lebih besar pula. Mesin yang digunakan antara lain ZTT230 dengan kapasitas 1,8 liter 1ZZ-FE VVT-i, dan ZZT231. untuk kelas tertinggi dilengkapi dengan mesin 1.8 liter 2ZZ-FE VVTL-i. Sudah jelas mampu melaju dengan sangat kencang. 

Berikut Toyota Celica dari generasi kegenerasi, sehingga kalian dapat menghilangkan rasa rindu dan penasaran tentang mobil sport dua pintu ini. Meskipun toyota sudah menghentikan produksinya, masih banyak jumlah Toyota Celica yang dapat dijumpai dijalanan ibu kota.

Mengenang 7 Generasi Toyota Celica yang Sudah Berhenti Diproduksi, Mungkinkah Diproduksi Kembali?
Table of Contents

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu